Sambutan Kepala Sekolah

Bismillahirrohmanirrohiim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, wash shalatu was salamu ‘alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa ‘ala aalihi wa ash-habihi ajma’in, amma ba’du:

Yang terhormat bapak/ibu pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Bandung, para siswa dan siswi, anak-anakku sekalian yang bapak cintai dan banggakan. Marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT  yang senantiasa menganugerahkan rahmat, taufiq dan petunjuk-Nya kepada kita semua

Dalam hal ini, kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan kepada madrasah sehingga Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandung ini masih ada dan eksis dalam membangun generasi yang berakhaq karimah dan berprestasi, semoga kedepan MAN 2 Bandung melahirkan generasi yang lebih unggul dan berkualitas.

Madrasah Aliyah Negeri 2 Bandung telah menyusun program kerja tahunan dengan harapan mampu menjawab tantangan yang selalu timbul di dunia pendidikan saat ini maupun masa datang. Program yang disusun di samping program yang bersifat rutin juga mencantumkan program peningkatan mutu akademis dan peningkatan mutu pembekalan kecakapan vokasional. Dengan harapan agar setiap lulusan MAN 2 Bandung percaya diri dalam mengikuti seleksi di perguruan tinggi, maupun mampu bersaing dalam memasuki dunia kerja.

Agar program kerja ini dapat berjalan sesuai dengan harapan, sudah semestinya memerlukan dukungan dari segenap steakkholder sekolah/madrasah. Dukungan ini diwujudkan ke dalam suatu team work yang solid. Suatu team work yang solid harus dilandasi dengan sikap saling asih, asah, dan asuh serta saling percaya akan kelebihan masing – masing, serta memahami kekurangan yang dimiliki dari masing-masing individu.

Program kerja ini dapat dilaksanakan secara fleksibel, luwes, dan supel tetapi bukan berarti dapat dengan mudah untuk diubah. Untuk itulah maka dalam program kerja ini perlu diadakan evaluasi dan monitoring secara berjenjang, berkala, dan berkelanjutan yang dilakukan pada awal, proses, dan akhir kegiatan.

Mengingat sejarah berdirinya madrasah dan memperhatikan kemampuan sumber daya serta potensi yang ada di MAN 2 Bandung, maka secara garis besar program kerja madrasah disusun sebagai berikut:

Program layanan baik kepada siswa masyarakat maupun pada instansi terkait diupayakan dengan memberikan Layanan Prima. Dengan memperhatikan saran, pendapat, dan masukan dari berbagai pihak, sekolah selalu berusaha meningkatkan kinerja, memelihara komunikasi yang baik dengan berbagai pihak. sehingga dapat memberikan pelayanan dengan baik.

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja sumber daya manusia yang dimiliki dilakukan dengan pembinaan yang intensif baik intern maupun ekstern. Upaya peningkatan kinerja ini diimbangi pula dengan upaya meningkatkan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan baik secara finansial maupun yang non finansial. Selain itu juga terus diupayakan peningkatan jumlah sarana dan prasarana maupun optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana yang telah dimiliki. Di samping itu juga diprogramkan penambahan prasarana sanitasi lingkungan maupun penambahan sarana pembelajaran berupa ruang kelas baru untuk kegiatan bimbingan konseling dan ruang piket ketertiban, sehingga pengawasan terhadap siswa di halaman belakang sekolah dapat terpenuhi. Untuk itu perlu didukung adanya tim 5K (Kekeluargaan, Ketertiban, Keamanan, Kebersihan, Keindahan) yang solid.

Usaha meningkatkan mutu akademis dengan menambah jam pelajaran wajib maupun dengan program pembelajaran yang lain dengan tujuan bagi yang akan melanjutkan belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi mampu bersaing dengan lulusan sekolah lain. Untuk mencapai tujuan ini akan diselenggarakan Penambahan Materi (PM) mata pelajaran ujian nasional mulai untuk kelas XII. Di samping itu juga diselenggarakan keterampilan vokasional berupa life skill sebagai upaya memberikan bekal kepada siswa dalam menjalani luas dan kompleksnyanya kehidupan di masyarakat. Untuk mendukung program ini diadakan kerja sama baik dengan orang tua siswa, masyarakat, pemerintah, maupun dunia usaha dan industri, serta lembaga-lembaga swasta lainnya.

Mendorong pengembangan kreativitas siswa melalui kegiatan-kegiatan perlombaan maupun bentuk lain. Dengan memberikan bimbingan dan memfasilitasi kegiatan tersebut. Disamping itu juga mendorong kreativitas guru dan Staf Tata Usaha dalam usaha meningkatkan kinerjanya dengan memberi motivasi dan insentif sesuai kemampuan sekolah. Bagi siswa, guru maupun Staf Tata Usaha yang menunjukkan prestasi diberikan hadiah sesuai dengan perolehan prestasinya dan kemampuan sekolah.

Oleh sebab itu dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua bapak dan ibu pendidik dan tenaga kependidikan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh kesungguhan. Semoga kesungguhan dan jerih payah bapak dan ibu  sekalian akan mendapatkan balasan dari Alloh SWT dengan balasan yang setimpal. Dan kami juga tetap mengajak kepada semua bapak dan ibu pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus meningkatkan kualitas anak didik kita yang lebih baik lagi.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.